Rabu, 01 April 2020

Educational Technology

Penulis ;Marni Lestarina,
KAWASAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN

Lima kawasan dari bidang teknologi pembelajaran menurut definisi tahun 1994 yaitu , Desain, Pengembangan , Pemanfaatan, Pengelolaan, dan Penilaian.


Fungsi Kawasan
Menurut Carrier dan Sales tahun 1978; Khenzek, Rachlin, dan Scannel tahun1988;Kozma dan Bangert-Downs tahun tahun 1978 taksonomi atau klasifikasi sering digunakan untuk menyederhanakan hubungan -hubungan yang timbul dari teori dan praktek.Taksonomi merupakan klasifikasi yang berlandaskan pada hubungan Daya karya klasik Taksonomi Tujuan Pendidikan: Ranah Kognitif, Benjamin, Bloom membedakan taksonomi dengan skema klasifikasi yang lebih sederhana. Menurut Bloom Taksonomi:

Tidak boleh mengandung  unsur-unsur yang arbritrer harus sesuai denganfenomena riil yang menjadi ungkapan istilah tersebut
Harus teruji secara konsisten  dengan pandangan-pandangan  teoritis dari bidang.
Menurut Bloom tahun 1956 tujuan utama dalam membuat suatu taksonomi apapun ialah untuk pemulihan lambang-lambang yang sesuai mendefinisikannya yang tepat dan dapat digunakan serta mendapat consesnsus dari kelompok yang akan menggunakannya.
Fleishman dan Quaintance (1984) menerangkan beberrapa keuntungan  potensial dari pengembangan suatu taksonomi tentang kinerja manusia antara lain;
Membantu dalam melakukan review  pustaka membuka  peluang  untuk tugas tugas baru memaparkan jurang pemisah dalam pengetahuan dengan mengutarakan kategori  dan sub kategori pengetahuan dan meningkatkan diskusi teoritikal atau penilaian.
Untuk membantu pengembangan teori dengan  jalan mengevaluasi seberapa jauh keberhasilan teori mengorganisasikan data observasi sebagai hasil  penelitian dalam bidang Teknologi Pembelajaran.

Roland L.Jacob (1988) mengusulkan  adanya suatu kawasan teknologi kinerja manusia terdapat tiga fungsi yaitu; fungsi pengelolaan, fungsi pengembangan System kinerja, dan komponen sistem kinerja  manusia yang merupakan dasar konseptual untuk melakukan fungsi yang lain .Subkomponen dari System perilaku manusia adalah konsep - konsep mengenai organisasi, motivasi, perilaku, kinerja, serta umpan balik.

DESKRIPSI KAWASAN

1. Kawasan Desain
    Proses untuk menentukan kondisi belajar,, meliputi desain sistem pembelajaran, desain pesan ,       strategi pembelajaran, karakteristik,peserta didik dan lain- lain

2. Kawasan Pengembangan : Proses penerjemahan spesifikasi desain kedalam bentuk fisik . Mencakup banyak variasi teknologi  cetak, teknologi AV, teknologi berbasis komputer , teknologi terpadu.

3. Kawasan Pemanfaatan : Aktivitas menggunakan proses dan sumber untuk belajar, meliputi pemanfaatan media, difusi inovasi, implementasi dan institusionalisasi, kebijakan dan regulasi.

4. Kawasan Pengelolaan : Meliputi pengelolaan Teknologi Pendidikan  melalui perencanaan, pengorganisasian, pengordinasian,  dan supervisi.

5. Kawasan Penilaian : Proses penentuan memadai tidaknya pembelajaran dan belajar

sumber
1. Buku karangan Dr.Zaenal Abidin Arief,M.si judul  Kawasan Penelitian Teknologi Pendidikan
2. Buku Karangan : BarbaraB.Seels Dan Rira C .Richey dengan judul Teknologi Pembelajaran: Definisi dan Kawasannya.
3. Buku Karangan : Dra, Dewi Salma Prawiradilaga  dengan judul Wawasan Teknologi Pendidikan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar